Sabtu, 03 Februari 2018

Segara Anakan cilacap

Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan kemarin. Meluasnya daerah terdampak banjir di wilayah Sidareja dan sekitarnya akhir-akhir ini tidak terlepas dari semakin dangkalnya segara anakan.








Jika melihat peta tahun 1698 kawasan segara anakan sangat luas. informasi dari penduduk setempat, dahulunya di daerah ini sering terlihat ikan lumba-lumba dan sangat mudah mencari ikan. Hasil tangkapan nelayan melimpah, cukup untuk memasok wilayah Cilacap hingga Banyumas. Kampung-kampung laut masih berada di atas laut, tidak seperti sekarang.

Kondisi saat ini Segara anakan sangat memprihatinkan. Laguna terancam hilang menjadi daratan. Survey dari @tjilatjaphistory 2014, dimana perjalanan dimulai dari pelabuhan Sleko hingga kampung laut, terlihat banyak sekali sampah terkadang nyangkut di mesin perahu. Lumpur juga terlihat menjorok ketengah jalur perahu yang dilalui.

Jika pendangkalan segara anakan tidak diatasi maka banjir akan semakin sering dan semakin luas, dampaknya akan terasa hingga kota Cilacap.
Sumber foto tertera.

#segaraanakan
#kampunglaut
#belajarsejarah
#sejarahcilacap
#sejarahlokal
#cilacap
#banjircilacap
#sidareja
#kawunganten
#citanduy
#nusakambangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar